Beberapa tahun terakhir, usaha waralaba semakin menjamur di Indonesia. Banyak produk lokal yang mendunia karena menggunakan peluang usaha waralaba. Tapi dibalik itu, ada juga yang memanfaatkan usaha ini sebagai kedok untuk menipu atau membuka usaha lain yang sebenarnya jauh berbeda dengan konsep waralaba. Bagaimana membedakannya?

5 Perbedaan Peluang Usaha Waralaba dan Bisnis Investasi
Anda pasti pernah melihat satu toko di kota Anda yang menjual makanan sama persis dengan toko yang Ada di Jakarta atau kota lain, itu namanya waralaba. Lain halnya dengan penawaran produk yang sama oleh banyak orang dengan menitikberatkan pada keuntungan investasi, itu bisnis investasi. Berikut 5 perbedaan signifikan antara waralaba dan bisnis investasi.
  1. Pengusaha waralaba sudah teruji kesuksesannya. Ini bisa terlihat dari sudah berapa gerai waralaba yang tersebar di berbagai daerah. Diikuti kisah sukses dari masing-masing penanam modal yang memakai nama perusahaan waralaba tersebut. Kalau bisnis investasi, kesuksesannya kebanyakan hanya berupa testimoni saja dan jarang ada bukti konkrit, kecuali bisnis investasi di perusahaan-perusahaan ternama.
  2. Sistem yang dipakai dalam menyebarkan usaha waralaba sudah terbukti. Seperti pembagian keuntungan yang jelas, dan mendatangkan untung besar bagi kedua belah pihak.  Pemasarannya jelas, kualitas produk juga bagus. Sedangkan pada bisnis investasi, ada sistem baku yang harus diikuti pemodal, baik dari cara promosi hingga sistem kalkulasi untung.
  3. Keunikan produk beda dari yang sudah ada. Pengusaha waralaba berani tampil beda dalam hal menyajikan produk. Mulai dari tampilan, rasa (jika usaha waralaba kuliner), nama produk yang mudah diingat dan banyak peminat. Pada bisnis investasi kebanyakan menjual barang yang sudah banyak dijual, hanya saja namanya yang berbeda.
  4. Punya cabang yang sudah berhasil. Cabang ini dalam artian toko yang menjual produk waralaba dan menjadi acuan bisnis oleh pihak lain, karena keberhasilannya dalam menjalankan dan mempertahankan usaha. Pada bisnis investasi cabang yang berhasil biasanya perseorangan yang memberikan info kesuksesan pada pengusaha utamanya.
  5. Terbuka dalam segala hal. Ini sangat penting agar Anda aman untuk menanamkan modal pada peluang usaha waralaba ini. bisnis investasi memberikan grafik keuntungan yang dikelurkan oleh pihak pengusaha utama saja.
Jelas perbedaannya bukan? Antara peluang usaha waralaba dan bisnis investasi. Tinggal Anda memilih mana yang akan dikembangkan. Kalau memang Anda memilih waralaba, sepertinya akan lebih jelas prospek keuntungan jangka panjangnya. Selama Anda konsisten dalam menjalankan peluang usaha baru tersebut.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
 
Top