Di Indonesia, saat ini sudah banyak masyarakat yang suka menjalankan usaha dengan sistem waralaba. Tapi sayangnya diantara mereka ada yang belum tahu tips memulai usaha waralaba tersebut. Akibatnya bisnis tersebut tumbang sebelum berkembang.
Waralaba adalah suatu sistem penjualan kepada konsumen akhir. Baik lokal atau asing, bisnis waralaba selalu memberi kemudahan bagi pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Meski demikian mereka tetap harus paham tips memulai usaha waralaba yang akan dijalankan.
Royalti
Dibanding yang lokal, tentu saja royalti waralaba asing lebih mahal. Tapi yang jadi masalah bukan mahal atau murah nilai royalti yang harus dibayarkan. Urusan royalti merupakan tips memulai usaha waralaba pertama yang harus diketahui.
Perhatikan apakah royalti itu ada kenaikannya dari tahun pertama, kedua dan seterusnya. Jika hal ini terjadi, harus diperhitungkan secara cermat kenaikan itu sebanding dengan keuntungan yang diraih. Tips memulai usaha waralaba tentang royalti ini tidak boleh disepelekan.
Lokasi usaha
Tips memulai usaha waralaba kedua berhubungan dengan urusan lokasi. Hitung dengan teliti, apakah lokasi tersebut dapat milik sendiri atau harus menyewa. Perhitungan ini punya kaitan erat dengan urusan modal dan laba.
Jika harus menyewa tempat tentu modalnya jauh lebih tinggi dibanding milik sendiri. Contoh sederhananya, waralaba kafe tentu tidak dapat dijalankan di rumah sehingga harus menyewa tempat. Sangat berbeda dengan waralaba laundry dan sejenisnya. Inilah maksud tips memulai usaha waralaba kedua.
Perhitungan laba rugi
Sedangkan tips memulai usaha waralaba yang ketiga adalah masalah laba atau penghasilan. Perlu diketahui besarnya laba itu tidak ada hubungannya dengan nilai omset. Yang terpenting adalah prosentase laba tersebut dibanding dengan modal serta tenaga yang dikeluarkan.
Pola perhitungan ini disebut cashflow management. Tips memulai usaha waralaba yang satu ini juga perlu diperhitungkan sehingga resiko kerugian dapat dikurangi. Banyak sekali pelaku bisnis menemui kegagalan karena kurang memperhatikan tips memulai usaha waralaba ketiga tersebut.
Itulah tiga tips memulai usaha waralaba penting paling utama yang perlu dimengerti terutama bagi pemula. Berikutnya yaitu pelaku bisnis tidak boleh mudah menyerah dan selalu berusaha sekuat daya dan tenaga untuk maju dan berkembang. Meski tips memulai usaha waralaba ini terlihat klise, namun tetap menjadi kunci sebuah kesuksesan. Selamat ber bisnis waralaba. 
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top